Memanfaatkan Sampah

Tanjung – MAN Kelua. Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Kelua dengan jumlah siswa 600an lebih membuat sampah setiap hari pun bejibun. Hal tersebut selama setengah tahun ini bisa diminimalisir dengan bantuan 2 orang siswa kelas XI IAI yang ikut membantu memilah- milah sampah yang organik dan non organik setelah pulang dari sekolah, seperti terlihat Kamis (04/02/16).
Kepala Madrasah Drs. H. Suberiani, M.Pd mengaku terharu atas partisipasi siswanya yang rela membantu madrasah, namun melihat kondisi ekonomi keduanya yang termasuk keluarga kurang mampu, maka pihak madrasah pun memberikan sedikit bantuan berupa uang tiap bulannya. “Ini memang tidak seberapa namun semoga bisa bermanfaat bagi mereka mereka,” ucap Kepala Madrasah (Kamad).

“Selain itu dengan adanya mereka berdua, sampah- sampah yang tadinya masih ada yang berserakan dan tidak terpilah pun akhinya rapi, kaleng dan gelas minuman juga bisa dijual kembali dan dapat menghasilkan uang,” tambah Kamad.
Siska Khalida S.PdI yang juga wali kelas siswa mengaku bangga melihat sikap anak didiknya yang bisa memanfaatkan waktu luang sehabis pulang sekolah untuk membantu memilah- milah sampah di sekolah.

Menurut Siska, perbuatan siswa tersebut adalah hal yang positif dan dengan begitu, selain membantu sekolah, mereka juga mendapat pahala. “Uang yang didapat dalam membantu juga bisa mereka gunakan untuk keperluan mereka sehari- hari,” ucap Siska. (Rep: Norbahagiati/ Ft: Kamad)
Print Friendly and PDF

0 komentar: