Betamat Tradisi Akhir Tahun Ajaran

Tanjung – MAN Kelua. Kegiatan rutinitas membaca Al-Qur’an siswa MAN Kelua setiap pagi sebelum pelajaran dimulai, berakhir pada acara betamat yang diadakan siswa kelas XI IPA 3 pada akhir tahun ajaran di mushalla putra, Kamis (14/04/16) dengan di hadiri Wali Kelas, Wakamad dan dewan guru serta dari beberapa orang masing – masing perwakilan dari kelas lain. 
Menurut guru di bidang keagamaan Rohyat Helpi, S.Ag, S.Pd.I kegiatan betamat tersebut sudah turun temurun dilakukan sejak dahulu agar bisa memotivasi masing- masing siswa dalam bidang agama. 

“Siswa MAN Kelua harus bisa menyelesaikan 30 Juz dalam setahun, jadi apabila mereka bersekolah 3 tahun maka selama 3 kali mereka juga mengadakan kegiatan betamat,” ucap Rohyat.
Wali Kelas XI IPA 3 Nurul Hidayah S.Si merasa bersyukur karena di kelas XI tersebut anak asuhnya bisa mengadakan betamat tepat waktu. “Ulangan semester kurang lebih sebulan lagi namun mereka sudah mengadakan kegiatan betamat terlebih dulu dari kelas- kelas lain, semoga dengan adanya kegiatan ini ilmu mereka menjadi berkah dan bisa bermanfaat,” pungkas Nurul.

Ketua OSIS M. Hilmi Ansari yang juga siswa kelas XI IPA 3 mengaku sepakat dengan teman- temannya mengadakan acara betamat sebelum ulangan semester. “Kalau saat ini jadwal kami belum padat sehingga saat khatam kami langsung mengajukan rencana untuk betamat dan wali kelas menyambut dengan gembira karena menjelang ulangan semester, takutnya kewalahan dan malah tidak bisa melakukan kegiatan,” jelas Hilmi. (Rep/ Ft: Bahagia) Print Friendly and PDF

0 komentar: