Kelompok Sains MAN Kelua Gabung Bersama Proyek ACBE- PBE

Tanjung - MAN Kelua. Kelompok Sains MAN Kelua bergabung pada kegiatan penelitian yang diadakan Yayasan Adaro Bangun Negeri (YABN) Proyek Adaro Community Based Education- Project Based Education (ACBE- PBE) dan diselenggarakan secara berturut- turut pada 03 s.d 05 September di Balai Latihan Kerja (BLK) dan Gedung Informasi Tanjung.

Salah satu pembimbing Sains Jianda Usman S.Pd menuturkan MAN Kelua wakili 2 kelompok Sains. "Dari 20 sekolah tingkat SMA/MA/SMK Tanjung dan Balangan yang mengikuti, MAN Kelua mewakili 2 kelompok Sains proyek ACBE- PBE," tuturnya.

Jianda juga menambahkan setiap pertemuan sudah memiliki agenda masing- masing. Pertemuan pertama bulan lalu kelompok sains diajak berkeliling mencari sesuatu yang bisa dijadikan sebagai objek penelitian, seperti ke Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) dan lain- lain. "Sedangkan pertemuan kedua ini sudah pada tahap pemantapan judul dan pembuatan tujuan penelitian," tambahnya.

Selanjutnya Jianda juga menjelaskan tujuan diadakannya kegiatan ACBE- PBE tersebut untuk menggali potensi siswa dengan harapan siswa mampu bersaing di abad 21 yang meliputi sistem moral menjaga etika antar hubungan personal, kecakapan membangun jaringan, kecakapan komunikasi secara efektif dan efisien, kecakapan memiliki tanggung jawab sosial, dan kecakapan berpikir kritis dan memecahkan permasalahan.

Saat ditemui ditempat berbeda, Kepala Madrasah (Kamad) Drs. H. Suberiani, M.Pd menyatakan dukungannya dengan keikut sertaan kelompok sains MAN Kelua. Menurutnya hal tersebut merupakan sesuatu yang bagus untuk melihat potensi yang dimiliki siswa dibidang sains. "Semoga siswa MAN Kelua yang ikut tetap menjaga semangat hingga bisa menghasilkan penelitian bagus," harapnya.

Anggota kelompok sains Tina dan Napilatunnisa merasa exited saat mengikuti kegiatan penelitian tersebut. "Sejak pertemuan pertama dan kedua, kami mendapat pengalaman yang luar biasa, bertemu dengan konsultan yang sudah ahli dalam soal penelitian," ucap kedua siswi yang sudah membuat judul penelitiannya pemanfaatan akar bunga sepatu untuk memulihkan siklus haid yang tidak normal bagi remaja tersebut. (Rep/ Ft: Bahagia) Print Friendly and PDF

0 komentar: