Puskesmas Lakukan Pemeriksaan Golongan Darah

Tanjung - MAN Kelua. Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Kelua melakukan pemeriksaan golongan darah pada siswa kelas X di ruang kelas, Rabu (09/11/16).

Dengan didampingi Pembina Usaha Kesehatan Sekolah (UKS), Drs.H.Syaifurrafiq, pemeriksaan dilakukan dua orang perawat dari UPT Puskesmas Kelua Rusdayana dan Indiah Budiarti. Menurut Rusdayana, pemeriksaan golongan darah tersebut salah satu program dari pihak Puskesmas Kelua, tujuan diadakannya kegiatan tersebut untuk mengetahui golongan darah pada masing- masing siswa yang sudah menginjak remaja.

''Pemeriksaan golongan darah hanya bagi siswa yang belum tahu, kalau sudah pernah periksa golongan darah sebelumnya cukup melampirkan bukti pemeriksaan,'' tambahnya.

Salah seorang apoteker, Indiah Budiarti menjelaskan cara mengetahui golongan darah A dan B, terlebih dulu kami siapkan cairan A dan B yang sudah tersedia, kemudian darah yang sudah diambil dibagi 2 dan masing-masing dicecerkan dengan cairan A dan B, apabila darah tersebut menggumpal keduanya, maka darahnya AB tapi kalau menggumpal hanya pada bagian yang diceceri A maka darahnya A.


Salah seorang siswa, M. Shalihul Ihsan yang memeriksa golongan darah tersebut mengaku gugup, banyak yang bilang saat disuntik sakit luar biasa, namun saat saya mengalami sendiri sakitnya hanya seperti gigitan nyamuk. ''Golongan darah saya ternyata O,'' ucapnya (Rep/ Ft: Bahagia)
Print Friendly and PDF

0 komentar: